TAFAKUR( pikir dan dzikir)






Selamat pagi. Alhamdulilah, segala puji bagi Tuhan semesta alam yang Maha Luar Biasa menciptakan jagad raya ini. Betapa kita sebagai makhluknya tentu harus taqwa kepada-NYA, karena nikmat Tuhan begitu luas. Mari sejenak kita untuk berdiam diri sedikit merenung, berpikir dan berdzikir. Tentang penciptaan apa yang ada di langit dan bumi, bagaimana Tuhan dengan segala kuasa-NYA mengatur alam semesta. Peredaran bintang, planet-planet, silih bergantinya malam., perubahan cuaca sampai mengatur rizki, hidup dan mati seseorang.

Sebagai manusia yang ber-agama tentu, kita harus paham dengan ajaran agama yang mengajarkan untuk selalu taqwa kedapa Tuhan Yang Maha Esa. Taqwa berarti menjalankan segala perintah-Nya dan Menjahui larangan-Nya. Melakukan amal sholeh, berbuat kebajikan dan tidak menyekutukan-Nya. Bulan suci Ramadhan seperti ini banyak sekali sebenarnya alternatif cara untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Salah satu caranya dengan bertafakur, merenung berpikir dan bedzikir. Bertafakur adalah kegiatan untuk sejenak ikut berpikir tentang pencipataan ALLAH yang ada di  langit dan dibumi. Kekuatan manusia tidak akan mampu mengukur betapa dahsyatnya penciptaan Tuhan. bahkan sekalipun manusia sudah mampu penciptakan peralatan tercanggih pun, tidak akan mungkin dapat menandingi-Nya. 


Pernahkan kita berfikir kenapa langit itu berwarna biru, kenapa ada siang dan malam, kenapa bulu mata manusia itu tidak pernah panjang. Dari pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti itu kita sudah sulit untuk menjelaskannya. Dulu saat saya masih duduk di bangku madrasah Tsanawiyah/setinggat SMP, diajarkan tentang arti tafakur, berpikir dan berdzikir. Dimana sebagai manusia kita haruslah selalu mengingat Allah, tidak hanya dalam sholat saja., dimanapun tempatnya kita harus selalu mengingat Allah. Dalam keadaan apa pun, sendiri, ramai, dijalan, dipasar, dimanapun. Bertafakur merupakan cara mengenal siapa sebenarnya diri kita, memahami arti kehidupan, memahami bahwa dan kekuatan yang luar biasa atas alam ini, Yang Maha Mengatur. Dengan berfakur selain menambah kecerdasan juga akan mengasah mata hati kita. Mempertajam kekuatan spiritual. Bukankah Tuhan menyuruh kita untuk bertafakur, agar  kita menjadi manusia yang beriman, taqwa, cerdas dan dapat mengemban tugas-NYA sebagai khalifah di bumi.

Comments

Popular posts from this blog

Bunga? Coklat? Puisi? CinTa???

Batu Loncatan